Jurusan Ilmu Pemerintahan Unsyiah Terima Angkatan Pertama

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH – Tahun ini Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Banda Aceh, kembali membuka jurusan baru, yaitu Ilmu Pemerintahan. Sebagai angkatan pertama, Unsyiah membuka kouta sebanyak 80 mahasiswa, namun hanya 60 mahasiswa yang mendaftar ulang.

Ilmu pemerintahan akan menjadi bagian dari Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisip), sebagai fakultas yang menaungi ilmu kemasyarakatan, jurnalistik dan pemerintahan.

Dekan Fisip, Dr Syarifuddin Hasyim, mengatakan pembukaan Ilmu Pemerintah untuk memenuhi disiplin ilmu yang beragam di Aceh, ditambah lagi saat ini di Aceh sedang gencarnya pemekaran kabupaten/kota, dari sebelum hanya 10 kabupaten/kota kini menjadi 18 kabupaten dan lima kota.

Usulan untuk membuka Ilmu Pemerintahan ini sudah diusulkan ke Dikti semenjak tahun 2011, namun baru tahun ini dapat dibuka di Unsyiah. Selain itu, Fisip Unsyiah juga sudah mengusulkan pembukaan Ilmu Administrasi Negara dan Ilmu Hubungan Internasional.

“Kita sudah usulkan ke Dikti, namun hingga saat ini kita masih menungga jawaban,” ujar Syarifuddin, Senin (25/8/2014).

Mengenai dosen yang akan mengajar di Ilmu Pemerintahan, Syarifuddin mengatakan dosen untuk ilmu pemerintahan juga akan ada praktisi dari berbagai SKPA di Aceh. “Insyaallah mantan Sekda Aceh, Husni Bahri Top akan mengajar di Ilmu Pemerintahan,” tutupnya.

BAGIKAN